Proses
belajar dan mengajar orang dewasa adalah suatu proses berlangsungnya kegiatan
belajar yang dilakukan oleh pelajar atau peserta didik dan kegiatan mengajar
yang dilakukan oleh pendidik atau pembimbing.
Proses belajar mengajar orang belajar berisikan beberapa bagian penting
yang perlu dipahami seperti tahap proses belajar, faktor-faktor yang mempengaruhi
belajar, ciri-ciri belajar orang dewasa, suasana belajar, fungsi dan sikap
pendidik, faktor-faktor yang mempengaruhi sikap dan peran pendidik.
Proses
belajar mengajar ditinjau dari dua sudut yaitu dari sudut orang yang belajar (peserta
didik) dan orang yang memberi pengajaran (pendidik atau pembimbing). Peserta didik
belajar melalui suatu proses belajr yang berlangsung secara bertahap dimulai
dari timbulnya motivasi, perhatian, menerima dan mengingat, reproduksi,
generalisasi, diakhiri dengan melaksanakan tugas belajar dan memberikan feedback terhadap hasilnya.
Proses
belajar juga dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal
dapat dikelompokkan menjadi dua faktor, yaitu faktor fisik dan nonfisik. Faktor
internal fisik mencakup ciri-ciri pribadi seperti umur, pendengaran, dan
penglihatan. Faktor internal nonfisik termasuk tingkat aspirasi, bakat, dll.
Faktor eksternal fisik berupa lingkungan seperti sarana dan prasarana belajar
seperti keadaan ruangan, perlengkapan belajar, dll. Faktor eksternal nonfisik
mencagkup, dorongan dari keluarga dan teman.
Suatu
kegiatan pendidikan dikatakan berhasil apabila sudah menyusun suatu rancangan
pendidikan yang baik. Perencanaan pendidikan orang dewasa dapat digunakan
pendekatan perencanaan pendidikan luar sekolah atau pendidikan masyarakat.
Perencanaan pendidikan juga tidak akan lengkap jika tidak disertai dengan
rancangan pembelajaran. Jadi, perencanaan pendidikan dan rancangan pembelajarn
diperlukan agar proses pendidikan dan pembelajaran orang dewasa dapat berjalan
sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan orang dewasa.
w Komponen
Perencanaan Pendidikan
Suatu
perencanaan pendidikan mempunyai komponen tertentu yaitu:
1. Peserta
didik
2. Tujuan
belajar
3. Sumber
belajar (pembimbing)
4. Kurikulum
5. Organisasi
pelaksana
6. Kondisi
masyarakat setempat, dan
7. Kemanfaatan
langsung
w Dalam
perencanaan pendidikan, ada hal-hal yang peru diperhatikan (Rahman, 1989),
antara lain:
1. Penemuan
yang telah ada sebelumnya
2. Perlunya
penelitian keadaan lokasi
3. Perkiraan
kebutuhan
4. Penyusunan
skala prioritas
5. Penyusunan
tujuan dan strategi
6. Rancangan
implementasi, dan
7. Penetapan
waktu pelaksanaan dan penilaian
w Prinsip
perencanaan partisipatif
1. Hubungan
dengan masyarakat
2. Partisipan
tertarik, mau belajar dari orang ahli, memiliki kemampuan intelektual sebagai
perencana, paham masalah pendidikan, dan dapat bekerja efektif
3. Menggunakan
teknik kerja kelompok
4. Membuat
ramalan dan program
5. Mengambil
keputusan yang dilakukan bersama
w Prosedur
perencanaan partisipatif
1. Menentukan
kebutuhan atas antisipasi terhadap perubahan lingkungan
2. Melakukan
ramalan, menentukan program, tujuan, misi perencanaan, dan priritas
3. Menspesifikasi
tujuan
4. Menentukan
standar performansi
5. Menentukan
alat/metode/alternatif pemecahan
6. Melakukan
implementasi dan menilai, serta mengadakan review
w Fungsi
peristiwa pengajaran
1. Memperoleh
perhatian peserta didik
2. Memberitahu
tujuan khusus pengajaran kepada peserta didik.
3. Membantu
peserta didik mengingat kembali pengetahuan yang telah dimiliki
4. Menyajikan
materi pelajaran
5. Memberi
bimbingan belajar
6. Memperoleh
performansi
7. Memberi
umpan balik tentang perbaikan performansi
8. Menilai
perfomansi peserta didik
9. Meningkatkan
retensi dan transfer
w Rancangan
pengajaran
1. Identifikasi
tujuan umum pengajaran
2. Melakukan
analisis pengajaran
3. Identifikasi
tingkah laku dasar dan ciri-ciri peserta didik
4. Merumuskan
tujuan performansi
5. Mengembangkan
butir-butir tes acuan patokan
6. Mengembangkan
strategi pengajaran
7. Mengembangkan
dan memilih materi pengajaran
8. Merancang
dan melakukan evaluasi formatif
9. Merevisi
materi pengajaran
10. Merancang
dan melakukan evaluasi sumatif
0 komentar:
Posting Komentar