Pendidikan dan Teknologi

Senin, 07 Februari 2011

Bagaimanakah cara efektif untuk menggunakan internet di dalam kelas yang fungsinya juga untuk membantu proses pengajaran dan pembelajaran?
Pengajaran semakin berubah di dalam banyak hal dan ini menjadi pekerjaan yang lebih sulit karena bertentangan dengan semakin banyaknya harapan kita juga, termasuk yang berikut:

    *Kita hidup di era informasi yang mempunyai banyak harapan bahwa siswa akan belajar keterampilan tingkat tinggi seperti bagaimana untuk mengakses, mengevaluasi, menganalisis, dan mensintesis sejumlah besar informasi.Pada saat yang sama, guru dievaluasi oleh kemampuan mereka untuk memiliki siswa lulus tes yang sering memberikan nilai tidak pada kemampuan ini. 

    *Guru diharapkan untuk mengajar siswa untuk memecahkan masalah kompleks yang membutuhkan pengetahuan yang diperlukan di dalam berbagai macam bidang studi karena mereka harus bertanggung jawab untuk mengajar dan belajar keterampilan yang terisolasi dan informasi.

Teknologi benar-benar dapat membantu dengan beberapa harapan dan membuat guru dan siswa mereka lebih berhasil.Pendidik harus mempersiapkan untuk masa depan yang kaya oleh teknologi dan mengikuti perubahan dengan mengadopsi strategi yang efektif yang menanamkan pelajaran dengan teknologi tepat guna. Semua pendidik, para guru khususnya, harus aktif mengejar pengembangan profesional yang memungkinkan  untuk mengeksplorasi seumur hidup bagaimana cara untuk meningkatkan pengajaran dan pembelajaran di dalam ilmu pengetahuan.
Internet adalah inti dari komunikasi melalui komputer. Sistem internet berisi ribuan jaringan komputer yang terhubung di seluruh dunia, menyediakan informasi yang tak terhingga yang dapat diakses murid.

Berikut ini beberapa cara efektif untuk menggunakan internet di dalam kelas:
  • Untuk membantu menavigasi dan mengintegrasikan pengetahuan. Internet punya database informasi besar tentang berbagai topik yang diorganisasikan dalam banyak cara yang berbeda. Saat murid mengeksplorasi sumber-sumber internet, mereka bisa menempatkan sendiri karya mereka dalam riset dengan menyusun proyek yang mengintegrasikan informasi dari beragam sumber.
  • Mendorong belajar bersama. Adanya aktivitas proyek atau tugas kelompok kecil, internet punya banyak sekali informasi yang berbeda-beda yang bisa dimanfaatkan tim untuk memperbaiki tugas atau penelitian.Murid juga dapat  menyusun survey sendiri, menempatkannya di internet, dan berharap mendapat respons dari berbagai kalangan di tempat lain di dunia dalam berberapa hari. Mereka kemudian bisa mengorganisasikan, menganalisis, dan meringkas data dari survey lalu membaginya dengan kelas lain di seluruh dunia.
  • Menggunakan e-mail. Murid dapat berkomunikasi dengan pakar melalui e-mail, yang membebaskan beban guru sebagai satu-satunya orang yang berpengetahuan di lingkungan murid.Ini dinamakan “mentoring elektronik”. Murid juga bisa berkomunikasi satu sama lain,berkomunikasi dengan murid lain di sekolah, negara bagian dan negara lain secara mudah. E-mail dapat amat bermanfaat terutama bagi murid pemalu yang mudah gugup dan cenderung menghindari komunikasi tatap muka dengan orang lain.
  • Untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru. Sumber internet yang bagus untuk guru adalah ERIC Resources Information Center (http://ericir.syr.edu), yang menyediakan berbagai topik  pendidikan dan menyediakan informasi tentang rencana pelajaran dan koneksi dengan sumber lain. 

Daftar Pustaka:
Santtrock, John W. 2008, Psikologi Pendidikan Edisi Kedua, Penerbit: Kencana Prenada Media Group: Jakarta

0 komentar:

Posting Komentar

Senin, 07 Februari 2011

Pendidikan dan Teknologi

Bagaimanakah cara efektif untuk menggunakan internet di dalam kelas yang fungsinya juga untuk membantu proses pengajaran dan pembelajaran?
Pengajaran semakin berubah di dalam banyak hal dan ini menjadi pekerjaan yang lebih sulit karena bertentangan dengan semakin banyaknya harapan kita juga, termasuk yang berikut:

    *Kita hidup di era informasi yang mempunyai banyak harapan bahwa siswa akan belajar keterampilan tingkat tinggi seperti bagaimana untuk mengakses, mengevaluasi, menganalisis, dan mensintesis sejumlah besar informasi.Pada saat yang sama, guru dievaluasi oleh kemampuan mereka untuk memiliki siswa lulus tes yang sering memberikan nilai tidak pada kemampuan ini. 

    *Guru diharapkan untuk mengajar siswa untuk memecahkan masalah kompleks yang membutuhkan pengetahuan yang diperlukan di dalam berbagai macam bidang studi karena mereka harus bertanggung jawab untuk mengajar dan belajar keterampilan yang terisolasi dan informasi.

Teknologi benar-benar dapat membantu dengan beberapa harapan dan membuat guru dan siswa mereka lebih berhasil.Pendidik harus mempersiapkan untuk masa depan yang kaya oleh teknologi dan mengikuti perubahan dengan mengadopsi strategi yang efektif yang menanamkan pelajaran dengan teknologi tepat guna. Semua pendidik, para guru khususnya, harus aktif mengejar pengembangan profesional yang memungkinkan  untuk mengeksplorasi seumur hidup bagaimana cara untuk meningkatkan pengajaran dan pembelajaran di dalam ilmu pengetahuan.
Internet adalah inti dari komunikasi melalui komputer. Sistem internet berisi ribuan jaringan komputer yang terhubung di seluruh dunia, menyediakan informasi yang tak terhingga yang dapat diakses murid.

Berikut ini beberapa cara efektif untuk menggunakan internet di dalam kelas:
  • Untuk membantu menavigasi dan mengintegrasikan pengetahuan. Internet punya database informasi besar tentang berbagai topik yang diorganisasikan dalam banyak cara yang berbeda. Saat murid mengeksplorasi sumber-sumber internet, mereka bisa menempatkan sendiri karya mereka dalam riset dengan menyusun proyek yang mengintegrasikan informasi dari beragam sumber.
  • Mendorong belajar bersama. Adanya aktivitas proyek atau tugas kelompok kecil, internet punya banyak sekali informasi yang berbeda-beda yang bisa dimanfaatkan tim untuk memperbaiki tugas atau penelitian.Murid juga dapat  menyusun survey sendiri, menempatkannya di internet, dan berharap mendapat respons dari berbagai kalangan di tempat lain di dunia dalam berberapa hari. Mereka kemudian bisa mengorganisasikan, menganalisis, dan meringkas data dari survey lalu membaginya dengan kelas lain di seluruh dunia.
  • Menggunakan e-mail. Murid dapat berkomunikasi dengan pakar melalui e-mail, yang membebaskan beban guru sebagai satu-satunya orang yang berpengetahuan di lingkungan murid.Ini dinamakan “mentoring elektronik”. Murid juga bisa berkomunikasi satu sama lain,berkomunikasi dengan murid lain di sekolah, negara bagian dan negara lain secara mudah. E-mail dapat amat bermanfaat terutama bagi murid pemalu yang mudah gugup dan cenderung menghindari komunikasi tatap muka dengan orang lain.
  • Untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru. Sumber internet yang bagus untuk guru adalah ERIC Resources Information Center (http://ericir.syr.edu), yang menyediakan berbagai topik  pendidikan dan menyediakan informasi tentang rencana pelajaran dan koneksi dengan sumber lain. 

Daftar Pustaka:
Santtrock, John W. 2008, Psikologi Pendidikan Edisi Kedua, Penerbit: Kencana Prenada Media Group: Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar